5.02.2012

Kekkon Journal Part 2


"Sebaik-baik pernikahan adalah yang paling sederhana" (Sabda Nabi: HR. Abu Dawud)

Pada tulisan sebelumnya aku sudah memberikan pengantar mengenai persiapan pernikahan, kali ini aku akan share tentang beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk hari H pernikahan secara umum dan yang menurutku paling krusial. Selain itu aku juga berencana membuat tulisan tersendiri mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan dan dipikirkan untuk menjalani kehidupan setelah hari H, karena justru itulah yang penting. Hari H pernikahan bukan merupakan tujuan akhir yang diimpikan setiap pasangan lho, melainkan awal untuk menjalani kehidupan yang berbeda dibanding sebelumnya.

Oke, karena saudaraku itu bejibun jadi keluarga lebih memilih untuk menangani sendiri tanpa bantuan EO atau WO. Makanya kalau pakai jasa WO mungkin akan berbeda, mungkin lho yaa hehehe… Nah, beberapa hal tersebut aku jabarkan di bawah ini:

Tempat
Pastikan terlebih dahulu acaranya di dalam ruangan atau di luar seperti pesta kebun atau pool side. Kalaupun di dalam ruangan, masih ada beberapa pilihan lagi misalnya di gedung, rumah sendiri, masjid, hotel atau restoran. Perlu diingat juga, pilihan-pilihan tersebut tentunya berkaitan erat dengan anggaran yang disediakan. Intinya, begitu tanggal pernikahan sudah ditetapkan, pertama kali yang perlu disurvey adalah tempat pelaksanaan resepsi. Apalagi kalau musimnya kondangan, siapa cepat dia dapat tempat :P  Kalau tempatnya strategis dan populer, sebaiknya memesan 6 bulan sampai setahun sebelum hari H. Sepengetahuanku, kalau di masjid biasanya berbarengan dengan akad nikah, dan ini akan berpengaruh pada biaya yang dikeluarkan. Dari pengalaman teman, biaya akad nikah yang diselenggarakan di rumah lebih murah dibanding kalau di masjid.

Katering
Setelah urusan tempat beres, beralih ke katering. Sekarang ini sudah banyak pilihan katering dengan berbagai menu yang menarik dan harga yang beragam sesuai anggaran penyelenggara hajat. Ada menu tradisional, internasional, dan timur tengah. Syukur-syukur kalau jasa kateringnya menawarkan test food, alangkah lebih baik. Bisa memantapkan hati akan pilihan kita terhadap catering tersebut kan. Biasanya pengantin akan ditanya tentang nuansa warna yang diinginkan waktu pesta berlangsung, karena hal ini akan disesuaikan dengan dekorasi makanannya. Aku sendiri berencana untuk menggunakan semacam joglo punya restoran, jadi semua makanan dari restoran tersebut, sedangkan joglonya bebas biaya sewa. Lumayan menghemat hehe..

Perias
Perias ini menurutku sih soal selera aja ya, mau yang tradisional atau modern, mau perias wanita atau perias pria. Berdasarkan pengamatan, perias pria punya sense yang unik juga kok, ga kalah bagus sama perias wanita. Akan lebih baik misalnya perias mau memberikan test make-up, kalau ada yang kurang cocok bisa ngasih saran perbaikan, atau mungkin ada waktu untuk ganti perias lainnya. Yang berkaitan erat dengan perias ini adalah baju pengantin. Buat muslimah, sekarang juga banyak disain baju pengantin muslimah modern yang bagus dan tetep syar’i, tinggal pilih aja. Ga bisa dijadikan alasan untuk membuka aurat sewaktu hari H pernikahan kan? Untuk menghemat energi, biasanya perias sudah punya “gandengan” MC, dekorasi, dan dokumentasi. Memang ga semua, tapi ga salah juga kalau ditanyakan ke perias yang bersangkutan.

Administrasi
Urusan surat-surat sama pentingnya dengan konsumsi dan tempat. Kalau calon pasangan berada dalam satu kota sih masih gampang koordinasinya. Tapi kalau beda kota seperti aku dan pasangan ya agak ribet juga menyesuaikan waktu, pinter-pinternya komunikasi dan memanfaatkan waktu yang ada saja. Apalagi ada aturan di daerahku supaya pas foto yang akan dipasang di buku nikah itu harus dibuat berdampingan dengan calon suami/istri, dicetak dengan ukuran 3x6. Aturan baru ini diberlakukan untuk menghindari pemalsuan foto calon pasangan. Yah, biar urusan surat-surat ini bisa lebih cepat, siapkan saja “uang pelican”. Bukannya aku ngajarin ga bener ya, tapi itulah faktanya di sini :D

Undangan
Beruntung banget lho hidup di jaman sekarang, dengan makin canggihnya teknologi, ragam undangan juga banyak, tinggal pilih, tinggal nunjuk. Bahkan kalau mau pesan melalui jasa online shop tinggal klik. Mudah bukan? Kalau di luar negeri malah sederhana banget disain undangannya, umumnya hanya selembar tapi sudah mengandung informasi yang dibutuhkan tanpa banyak basa basi. Undangan yang kupesan menyediakan gratisan label stiker, plastik pembungkus undangan, dan label ucapan terima kasih untuk dipasang di souvenir.

Souvenir
Untuk souvenir terkadang bisa dipesan di tempat yang sama dengan tempat memesan undangan. Prinsipku, karena souvenir itu adalah cinderamata yang tujuannya sebagai kenang-kenangan, jadi harus punya nilai guna, ga cuma bisa dipajang atau akan habis ketika dipakai. Kalau anggaran terbatas bisa survey dulu untuk mendapatkan harga paling “miring”. Misal punya banyak waktu luang bisa juga kan bikin sendiri, anggep aja mengasah kreativitas kita. Yang perlu diingat, sediakan jumlah souvenir yang lebih banyak dari jumlah undangan, buat jaga-jaga terutama ada saudara yang meminta souvenir lebih dari satu. Pemesanan undangan dan souvenir bisa dilakukan 2 hingga 3 bulan sebelum hari H.

Dekorasi
Hmmm… kalau dekorasi ini biasanya berhubungan dengan nuansa warna baju pengantin, tempat resepsi, trus mau pakai gebyok atau bunga-bungaan penuh. Tak ketinggalan dekorasi untuk mobil pengantin dan kamar pengantin. Referensi pun bisa banyak didapatkan dari majalah khusus pernikahan maupun internet.

Dokumentasi
Dokumentasi ini meliputi foto dan video pernikahan. Beberapa tahun lalu waktu pernikahan kakakku, kalau ga salah 2006, videonya masih disimpan di CD, sekarang sudah dalam bentuk DVD hehe.. kualitas gambar dan suara jauh lebih baguuuss. Begitu juga dengan penyimpanan foto. dulu tiap foto dicetak lalu dipasang di album satu per satu, sekarang foto tidak perlu dicetak di kertas foto, tapi dicetak sudah dalam bentuk menyerupai buku katalog dengan bahan kertas sesuai keinginan.

Nah, sementara ini dulu yang bisa kutulis. Kalau ada yang mau menambahkan monggo.. kalau ada yang perlu tips-tips dan ide pernikahan lainnya, ada website yang aku suka, bisa dikunjungi di sini
Au revoir!


2 komentar:

  1. maaf mba sebelumnya.,sy melihat foto mba di tweetnikah..cantik bgt..sy sk riasan dan baju pengantennya..blh tanya..riasnya dmn ya??baju pengantennya sewa otw jahit sendiri??klo sewa..sewanya dmn ya??blh minta alamat n no telpon rias n baju pengantennya..maaf bnyak tanya hehehe :D

    BalasHapus
  2. gpp, santai aja...
    karena aku nikahnya di Malang, jadi periasnya pun dari Malang yaitu Dian Salon, termasuk baju pengantinnya juga nyewa dari salon itu.. alamatnya agak2 lupa sih, yg jelas di jalan Karya Timur gang I, no.tlpnya 0341-473297.. semoga membantu :)

    BalasHapus